AdaptNet, 4 September 2007

Hello! The below report is written in Indonesian. To translate the full report, please use the translator in the top right corner of the page. Do not show me this notice in the future.

Recommended Citation

"AdaptNet, 4 September 2007", ADAPTNet Bahasa Indonesian Edition, September 04, 2007, https://nautilus.org/adaptnet/adaptnet-4-september-2007/

AdaptNet, 4 September 2007

1. Kebijakan tentang Perubahan Iklim di Ekonomi Dunia Baru;
2. Pelajaran dari Enam Daerah Urban—Adaptasi Perubahan Iklim
3. Strategi Adaptasi Perubahan Iklim untuk bagian Timr Laut Amerika Serikat;
4. Kerentanan Hutan Korea akan Perubahan Iklim
5. Adaptasi Masyarakat terhadap Pergeseran Garis Pantai
6. Kongres Musim Gugur Persatuan Geofisika Amerika Serikat (AGU) 2007

1. Kebijakan tentang Perubahan Iklim di Ekonomi Dunia Baru
Artikel ini menelaah dampak yang ditimbulkan oleh jalur pertumbuhan ekonomi baru (China dan India) terhadap emisi CO2. Berdasarkan pendekatan modeling meta-analitis yang ditempuh oleh artikel tersebut, kebijakan-kebijakan untuk mengurangi konsumsi energi global dan menggiatkan difusi teknologi bahan bakar non-fosil yang telah ada amat sangat diperlukan untuk mengurangi emisi CO2 dalam waktu dekat.

Perubahan Iklim dan Ekonomi Duia Baru; Dampak bagi Lingkungan dan Kesesuaian Waktu Respon Kebijakan, Peter Sheehan dkk., Kertas Kerja Perubahan Iklim CSES No. 12, Pusat Pengkajian Ekonomi Strategis (CSES), Universitas Victoria, Australia, 2007, [PDF].

2. Pelajaran dari Enam Daerah Urban—Adaptasi Perubahan Iklim
Kajian ini memaparkan pelajaran yang dipetik dari pengalaman enam kota dalam beradaptasi dengan perubahan iklim; London, New York, Boston, Halifax, Vancouver dan Seattle. Kajian tersebut menjabarkan proses sistematis yang ditempuh pemerintah kota-kota tersebut untuk beradaptasi denga perubahan iklim. Contoh-contoh kebijakan adaptasi pemerintah kota dan langkah-langkah adaptasi spesifik juga dipaparkan dalam artikel ini.

Persiapan Pemerintah Kota untuk Beradaptasi dengan Perubahan Iklim—Kajian tentang Enam Daerah Urban, Eva Ligeti, Jennifer Penney dan Ireen Wieditz, Kemitraan Udara Bersih (CAP), Kanada, Mei 2007 [PDF].

3. Adaptasi Perubahan Iklim untuk Amerika Serikat Timur Laut
Menurut artikel ini, perubahan iklim tidak hanya merupakan tantangan bagu suatu daerah untuk mempertahankan kelangsugan ekonominya melainkan juga berpotensi untuk meningkatkan perkembangan ekonomi, kesejahteraan, dan keadilan sosial daerah tersebut. Artikel ini membahas strategi adaptasi di berbagai sektor dan komunitas di Amerika Serikat Timur Laut.

Adaptasi terhadap Perubahan Iklim di Amerika Serikat Timur Laut—Peluang, Proses, dan Hambatan, Susanne C Moser dkk, di Media Mitigasi Jurnal dan Strategi Adaptasi Perubahan Ikim (PJMASGC), Juli 2007 [PDF]

4. Kerentanan Hutan Korea terhadap Perubahan Iklim
Kajian ini menelaah tingkat kerentanan hutan Korea dengan menggunakan model CEVSA (Pertukaran Karbon antara Vegetasi, Tanah dan Atmosfir). Kajian ini melakuan simulasi respon hutan korea terhadap perubahan iklim dengan mengukur temperature, curah hujan, keberlangsungan pertumbuhan hutan, kesuburan, dan luas hutan. Temuan kajian ini adalah bahwa 30% dari total wilayah yang dikaji menunjukkan kerentanan terhadap perubahan iklim.

Telaah Kerentanan Hutan Korea Terhadap Perubahan Iklim dengan menggunakan Model CEVSA dengan ArcGIS, Jong-Su Lee dkk, Insitut Lingkungan Korea (KEI) dan Universitas Korea, 2007 [PDF]

5. Adaptasi Masyarakat terhadap Pergeseran Garis Pantai—Inggris
Kajian ini mengetengahkan pandangan dan opini responden (pelaku bisnis dan warga) di wilayah pantai yang memanjang ke Utara dari Caister ke Hernsby. Kajian ni memberikan masukan kepada Dewan Kabupaten (Borough) tentang isu-isu Utama yang sebaiknya dipertimbangkan dalam menyusun rancangan Rencana Pengelolaan Garis Pantai (SMP 3b).

Menelaah Cakupan Adaptasi Masyarakat terhadap Pergeseran Garis Pantai di Wilayah anatra Caister dan Hernsby—Laporan kepada Dewan Kabupaten Great Yarmouth, Sophie Nicholson-Cole, Jessica Milligan and Tim O’Riordan, Great Yarmouth Borough Councildan Pusat Riset Perubahan Iklim Tyndall, Inggris Januari 2007 [PDF]

6. Kongres Musim Gugur Persatuan Geofisika Amerika Serikat (AGU)—2007
Kongres Musim Gugur AGU diselenggarakan pada tanggal 10-14 Desember, 2007 di San Fransisco, Amerika Serikat. Kongres tersebut memberikan peluang bagi para ahli riset dan konsultan untuk mengetengahkan isu-isu terbaru yang terkait dengan Bumi, planet-planet, dan lingkungannya di luar angkasa. Bagi yang berminat, abstrak-abstrak dapat disampaikan kepada panitia sampai dengan tanggal 6 September 2007.

Kongres Musim Gugur Persatuan Geofisika Amerika Serikat (AGU) 2007, Geofisika Amerika Serikat (AGU), Moscone West, San Fransisco, Ameika Serikat, 10-14 Desember 2007